LEADER FUTURE

LEADER FUTURE

Rabu, 25 Juni 2008

Komentar dan Analisis Web Shopping


WEB SHOPPING E-COMMERCE

Dengan semakin berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan modern akan mengantarkan kita ke gerbang era globalisasi pasar dunia. Dalam dunia perdaganan internasional pun sekarang juga telah memasuki tahap yang semakin canggih. Saat ini, perdagangan internasional tidak harus mempertemukan pembeli dan penjual dalam satu tempat. Dengan adanya teknologi tersebut perdagangan internasional dapat dilakukan dengan jarak jauh. Sekarang perbedaan geografis bukan menjadi persoalan lagi dalam melakukan perdagangan internasional. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan tidak memerlukan biaya yang mahal serta tidak mengharuskan pembeli dan penjual bersada pada satu tempat, yaitu dengan menggunakan media internet yang biasa sering disebut dengan E-commerce.

Contoh web e-commerce yang terkenal dan analisisnya yaitu :

1.AMAZON.COM

Merupakan salah satu bentuk web e-commerce yang terkenal. Pada situs ini, barang-barang yan ditawarkan lebih bervariasi, tidak hanya produk yang mahal dan mewah saja tetapi juga produk yang relatif murah. Produk yang ditawarkan pada situs ini merupakan produk kebutuhan sehari-hari, produk perkantoran, dan produk olahraga dan produk-produk lain yang biasanya sering dicari oleh pihak konsumen. Produk yang ditawarkan oleh Amazon.com yaitu buku bacaan, majalah, film baik dalam bentuk DVD atau VCD, music, games, barang elektronik dan computer serta aksesorisnya, barang-barang rumah tangga (pisau), barang untuk taman, perlengkapan anak dan bayi, jam tangan, perhiasan, produk kesehatan dan kosmetik, alat-alat olahraga, pakaian, sepatu, peralatan industri dan masih banyak lagi jenis produk yang ditawarkan pada situs ini. Tetapi selain produk tersebut, pada situs ini juga menawarkan barang-barang antik. Situs ini mempunyai fitur dan servis seperti Selling on Amazon, Amazon Exclusive, Partner Service, For Businesses, For Developers, For Advertiser.



2. EBAY.COM

Situs ini juga merupakan salah satu web e-commerce, yang pada intinya tentang perdagangan elalui internet. Tetapi yang membedakan pada situs ini yaitu cara transaksinya di mana dalam situs ini merupakan tempat lelang yang secara on-line. Produk yang ditawarkan pada situs ini juga bervariasi yang meliputi Gift Certificates, Health & Beauty, Home & Garden, Jewelry & Watches, Music, Musical Instruments, Antiques, Art, Baby, Books, Business & Industrial, Cameras & Photo, Cars, Boats, Vehicles & Parts, Cell Phones & PDAs, Clothing, Shoes & Accessories, Coins &, Paper Money, Collectibles, Computers & Networking, Consumer Electronics, Dolls & Bears, DVDs & Movies, Entertainment Memorabilia, Pottery & Glass, Real Estate, Specialty Services, Sporting Goods, Sports, Cards, & Fan Shop, Travel, Video Games, Everything Else, Giving Works Stamps, Tickets, Toys & Hobbies.

3. FASTNCHEAP.COM

Pada situs ini, produk yang ditawarkan lebih spesifik daripada Amazon.com. Produk yang ditawarkan ini berhubungan dengan barang elektronik tetapi lebih spesifik lagi yaitu berhubungan dengan komputer berupa Audio / Video, Laptop, Cables & Adaptors, Computer Accessories, Cpu Cases, Dekstop, Pcs, Digital Cameras, Fingerprint Scanners, Game Consoles, Graphic Cards,Input Device, Memory, Modems, Monitors, Motherboards, Mp3 / Mp4 Players, Networking Products, Notebook Accessories, Notebooks, Pda, Power, Protection, Printers & Supplies, Processors, Sale, Scanners, Softwares, Sound, Cards, Speakers, Storage & Media. Produk-produk yang ditawarkan dalam situs ini dilengkapi dengan harga barang yang ditawarkan. Selain itu, pada situs ini juga dilengkapi dengan kotak pelanggan yang merupakan tempat komentar bagi para pelanggan Fastncheap.com. Dengan adanya kotak tersebut, maka perusahaan akan mengetahui segala keinginan dan komentar yang pelanggan baik itu komentar yang mengkritik maupun komentar yang kepuasan pelanggan yang telah bergabung dengan perusahaan. Hal tersebut akan membantu perusahaan dalam memacu kinerjanya untuk lebih baik lagi dalam melayani dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam situs ini juga mencantumkan alamat serta nomor telepon dan email untuk customer service sehingga memudahkan pelanggan untuk bertanya tentang produk dan pelayanan perusahaan.

4. BHINNEKA.COM

Pada web e-commerce Bhinneka.com ini produk yang ditawarkan tidak jauh beda dengan produk yang ditawarkan oleh Fastncheap.com. Produk yang ditawarkan dalam situs ini lebih cenderung pada computer dan laptop/notebook, tetapi selain itu juga ditawarkan pula perangkat hardware dan software pelengkapnya. Selain itu situs ini juga menawarkan anti virus, flesdish, teleskop dan printer. Harga produk yang ditawrkan juga sudah tercantum dalam situs ini. Dalam situs ini juga menawarkan untuk berbelanja dengan menggunakan kredit. Selain itu dalam web e-commerce Bhinneka.com ini juga terdapat Bursa Bhinneka yang menawarkan computer yang murah meriah.

5. WORDPRESS.COM

Situs ini merupakan web yang menyediakan fasilitas tentang penggunaan blog dalam e-commerce. Dalam situs ini dalam situs ini kita diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri kita dengan mendaftar yang dapat dimulai dengan membuat blog pada situs ini. Dengan menbaftarkan blog maka kita akan mengetahui informasi-informasi yang kita butuhkan dalam perdagangan melalui web e-commerce dan berita-berita lain. Di Wordpress.com ini terdapat berita-berita terhangat dari pelanggan yang telah mendaftarkan blognya sehingga kita juga akan mendapat pengetahuan lain dari para pelanggan. Dalam situs ini juga menyediakan fasilitas informasi tentang art, books, culture, entertainments, events, family, food, humor, live, love, music, news, personal, photography, poetry, politic, random, religion, sports, thoughts, travel,healts, technology, media, writing





Kesimpulan :

Dari kelima web yang telah dijelaskan di atas, pada intinya sama yaitu merupakan bentuk perdagangan yang menggunkan media internet yang merupakan bentuk dari e-commerce. Di mana dengan adanya web-web e-commerce tersebut akan mempermudah kita dalam melakukan perdagangan atau jual beli. Selain itu dalam web-web tersebut juga menampilkan informasi-informasi yang spesifik tentang produk-produk yang ditawarkan sehingga mempermudahkan kita dalam berbelanja.



Selamat Mencoba & Selamat Berbelanja,,,,,,,,


Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Malang, Jawa Timur, Indonesia
saya adalah seorang yang mencoba menjadi manusia sejati dengan bermanfaat bagi dunia.

bagaimanakah komentar anda terhadap blog yang saya buat ?