E-commerce, mungkin asing bagi telinga kebanyakan orang di negeri kita, Indonesia. Namun siapa menyangka, e-commerce merupakan suatu metode yang diramalkan oleh berbagai pihak sangat ampuh sebagai senjata para pengusaha untuk bersaing dan survive dalam usahanya. Dengan dihilangkannya batas-batas territorial, menembus ruang dan waktu, sehingga aktivitas bisnis dapat dilakukan di manapun, kapanpun dan dengan jangkauan yang sangat luas.
Ketika dengan sistem bisnis seperti biasa, kita menghadapi resiko besar dan biaya besar, seperti biaya gedung dan SDM yang banyak, serta resiko misal toko kita dijarah massa, dan kebakaran. Juga dalam hal promosi konvensional, yang menggunakan biaya besar seperti dengan pemasanagan advertising berupa baliho maupun poster iklan. Pendek kata, e-commerce mampu menekan biaya-biaya yang kurang produktif.
Efisiensi terhadap biaya , waktu dan tenaga akan menjadi dampak ketika e-commerce diterapkan dalam suatu bisnis. Kini, pengusaha tidak perlu terlalu bersusah payah untuk menjangkau konsumen, yang mungkin memiliki kertebatasan dalam hal geografis yang sulit dijangkau. Di pihak lain, penerapan e-commerce juga menguntungkan sekaligus memanjakan konsumen. Menggunakan e-commerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat. Tidak ada lagi berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui e-commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional. Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap. Selain itu, biasanya informasi tentang barang jualan tersedia secara lengkap, sehingga walaupun kita tidak membeli secara on-line, kita bisa mendapatkan banyak informasi penting yang diperlukan untuk memilih suatu produk yang akan dibeli.
Pembeli yang hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan ‘shopping cart’ untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih dan akan dibayar. Jika pembeli ingin membayar untuk barang yang telah dipilih, ia harus mengisi form transaksi. Biasanya form ini menanyakan identitas pembeli serta nomor kartu kredit. Karena informasi ini bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah, maka pihak penyedia jasa e-commerce telah mengusahakan agar pengiriman data-data tersebut berjalan secara aman, dengan menggunakan standar security tertentu.
Para pengusaha, dalam mengaplikasikan e-commerce perlu mempertimbangkan hal-hal yang menjadi competitive advantages perusahaan atau produknya. Karena, di e-commerce walau memiliki banyak keuntungan yang berkaitan dengan efisiensi dan jangkauan yang luas, harus memperhatikan faktor keamanan, dan desain web yang menjadi “toko” bagi produknya. Tampilan yang menggugah mata serta menarik, menjadi faktor sukses berbisnis di e-commerce.
Persaingan di abad 21 ini, cukup dinamis. Hal ini terjadi karena batasan ruang, waktu dan territorial menjadi nisbi. Perdagangan bebas di era globalisasi, menuntut tiap pebisnis harus berkerja dan berpikir ekstra kreatif dalam mencapai keunggulan bersaing. E-commerce, mungkin menjadi favorit pebisnis, sebagai senjata jitu untuk memenangkan persaingan bisnis.
Namun, untuk kasus di Indonesia, perkembangan penggunaan e-commerce perlu ada perbaikan di sana-sini. Hal ini berkaitan dengan tingkat pengguna internet yang masih sangat minim. Perlu ada stimulus dan peningkatan SDM, agar internet bukan lagi dipandang sebagai barang mewah dan konsumsi sebagian segmen masyarakat. Walau demikian, membidik niche market menjadi pilihan saat ini bagi pengusaha. Fokus pasar inilah yang saat ini mendorong pengusaha menggunakan e-commerce.jadi, e-commerce saat ini menjadi pundi-pundi penghasil uang bagi pengusaha yang dapat dilakukan dengan lebih efisien dibandingkan dengan konsep bisnis biasa / konvensional.
Refferensi :
- Membuka Toko Online. sentralweb.com. tanggal 28 september 2004. di posting tanggal 3 April 2008
- Bisnis di Internet. sentralweb.com . tanggal 26 Oktober 2004. di posting tanggal 3 April 2008
- Konsep e-commerce. digitaltech.com. tanggal 2 September 2004. di posting tanggal 3 april 2008
- Faktor-Faktor Penting Untuk Sukses di Bisnis Internet. sentralweb.com. tanggal 18 Maret 2008. di posting tanggal 3 april 2008
- e-Commerce: Analisa dan Prospek .Gen Art-xty-. Tanggal 3 maret 2008. di posting tanggal 3 april 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar