LEADER FUTURE

LEADER FUTURE

Rabu, 16 April 2008

E-COMMERCE DI INDONESIA


e-commerce,
perkembangan, teknologi, manfaat,

kekurangan dan masa depannya


Definisi E-commerce

  • Proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet. (Commerce net )

  • Suatu jenis mekanisme bisnis elektronik dengan fokus pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran barang atau jasa baik antar instansi atau individu dengan instansi (Net-Ready)

Karakteristik Utama E-Commerce:

  • Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
  • Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi
  • Internet merupakan mediium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.



E-commerce terbagi atas dua segmen yaitu

  • Business to business e- commerce (perdagangan antar pelaku usaha)

  • Business to consumer e-commerce (perdagangan antar pelaku usaha dengan konsumen

Perkembangan E-Commerce Di Indonesia,

fenomena e-commerce ini dikenal sejak tahun 1996 dengan munculmya situs http:// www.sanur.com sebagai toko buku on-line pertama

Generasi 1:Internet sebagai media promosi perusahaan melalui situs web atau brosur elektronis.

Generasi 2:Pengguna telah dapat melakukan pemesanan produk melalui internet (aplikasi E-Commerce). Namun deal-nya tetap membutuhkan manusia sebagai decision maker.Contoh: Bhinneka.com

Generasi 3:Layanan informasi yang terintegrasi, secara otomatis tanpa intervensi manusia.

Content juga bersifat personalized sesuai keinginan pengguna.Informasi diakses menggunakan bermacam media, misalnya seluler (handphone).


Peluang & Solusi E-Commerce

merupakan peluang bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional. Diperlukan upaya bersama untuk:

  • Sosialisasi dan edukasi pasar E-Commerce Indonesia

  • Penyiapan infrastruktur fisik yang mendukung aplikasi E-Commerce.

  • Penyiapan regulasi yang kondusif bagi E-Commerce.

  • Peningkatan kualitas produk nasional agar dapat memenuhi standar internasional dalam menembus pasar global.

Alternatif Implementasi dan Teknologi E-Commerce

  • Outsourcing (web developer)

  • Pengembangan swadaya

  • Memanfaatkan Open Source Software khususnya untuk e-commerce

-Zen Cart (www.zen-cart.com), -phpshop (www.phpshop.org)-Virtue Mart ,Komponen Joomla. (www.virtuemart.net)-Dan masih banyak lagi

Nilai Lebih E-Commerce







  • Jangkauan lebih luas (dunia). Tanpa batas-batas wilayah dan waktu.
  • Penghematan sumber daya:

  • Ruang untuk toko (fisik) dan SDM

  • Availabilitas :Buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Tidak mengenal hari libur, dan hari besar

  • Skalabilitas:Dapat diperluas atau diperbanyak item barang tanpa batasan.

  • No Tax ??(belum jelas regulasi mengenai pajak )

  • Konsumen memperoleh informasi yang beragam dan mendetail.

  • Melalui internet konsumen dapat memperoleh aneka informasi barang dan jasa dari berbagai toko dalam berbagai variasi merek lengkap dengan spesifikasi harga, cara pembayaran, cara pengiriman

  • Disintermediation adalah proses meniadakan calo dan pedagang perantara.

  • Kelemahan E-Commerce
    • Isu security

    • Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.

    • Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan, Ketidaktepatan waktu pengiriman barang

    • No cash payment.

    • Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.

    • Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.

    Manfaat e-commerce
    • Revenue stream baru

    • Market exposure, melebarkan jangkauan

    • Menurunkan biaya

    • Memperpendek waktu product cycle

    • Meningkatkan customer loyality

    • Meningkatkan value chain

    Jenis e-commerce
    • Business to business (B2B). Antara perusahaan, data berulang, e-procurement
    • Business to consumer (B2C). Retail, pelanggan yang bervariasi, konsep Portal
    • Consumer to consumer (C2C). Lelang (auction)
    • Government: G2G, G2B, G2C (citizen). e-procurement

    peluang

    • Pasar Indonesia yang besar

    • Jenis layanan khas Indonesia yang hanya dimengerti oleh orang Indonesia

    • Semua orang masih bingung dengan “new economy”

    Potensi

    • Jumlah penduduk Indonesia yang besar

    • Masih banyak yang belum terjangkau oleh Internet

    • Jumlah pengguna Internet masih sekitar 5 juta orang

    • Market belum saturasi

    • Rentang fisik yang lebar merupakan potensi e-commerce





    e-commerce, layanan khas Indonesia, karakteristiknya :


    Orang Indonesia gemar berbicara (tapi kurang suka menulis / dokumentasi)


    Contoh layanan khas Indonesia
    • Wartel & Warnet

    • SMS

    • Berganti-ganti handphone (lifestyle?)

    • Games, kuis

    Content IndonesiaPeluang bisnis baru yang khas Indonesia
    • SMS-based applications

    • nonton TV dengan chatting

    • Games, kuis

    Kultur dan Kepercayaan e-commerce di Indonesia






    • Orang Indonesia belum (tidak?) terbiasa berbelanja dengan menggunakan catalog

    • Masih harus secara fisik melihat / memegang barang yang dijual

    • Perlu mencari barang-barang yang tidak perlu dilihat secara fisik. Misal: buku, kaset, …

    • Kepercayaan antara penjual & pembeli masih tipis

    • Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang. Penggunaan kartu kredit masih terhambat

    • Peluang: model bisnis yang sesuai dengan kultur orang Indonesia, membuat sistem pembayaran baru, pembayaran melalui pulsa handphone

    Hambatan dan tantangan e-commerce di Indonesia
    • Internet bust! Hancurnya bisnis Internet

    • Infrastruktur telekomunikasi yang masih terbatas dan mahal

    • Delivery channel

    • Kultur dan Kepercayaan (trust)

    • Security

    • Munculnya jenis kejahatan baru

    • Ketidakjelasan hukum

    • Efek sampingan terhadap kehidupan

      Refference :
      1. Republik BM. Corat-coret blogger.diposting tanggal 15 April 2008
      2. Budi Rahardjohttp://budi.insan.co.id/. Mei 2003. diposting tanggal 15 April 2008

    Tidak ada komentar:

    Mengenai Saya

    Malang, Jawa Timur, Indonesia
    saya adalah seorang yang mencoba menjadi manusia sejati dengan bermanfaat bagi dunia.

    bagaimanakah komentar anda terhadap blog yang saya buat ?